• Jamison Hebert posted an update 2 months, 1 week ago

    Sudah merambahnya listrik ke beragam pelosok tentunya yakni hal yang sangat bagus, mengingat keperluan listrik telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat millenial dikala ini. Melainkan, bagi Anda yang mungkin menempati rumah baru, atau mungkin tengah membangun gedung baru, Anda patut tahu bahwa instalasi listrik juga sepatutnya memiliki akta sesuai operasi, atau yang awam disebut sebagai SLO PLN (Sertifikat Laik Operasi PLN).

    Kenapa butuh akta ini? Karena listrik selain berkhasiat, seandainya tidak dipasang dengan bagus makan akan menimbulkan potensi musibah, terutama untuk pemasangan instalasi yang dikerjakan oleh oknum tidak berlisensi atau kurang berpengalaman.

    Memasang instalasi listrik pada rumah memang tidak semudah membalikkan tangan, seorang instalatur tentu seharusnya melihat denah rumah yang kemudian nanti akan berakhir pada desain instalasi listrik yang cocok standar. SLO PLN ini benar-benar penting untuk mencegah adanya potensi petaka yang berasal dari listrik seperti misal kebakaran, kecelakaan, atau mungkin korslet yang akhirnya berakhir pada ledakan yang tak diharapkan. Sebab itu, peran konsuil jasa kelistrikan sangatlah penting untuk keamanan pemasangan instalasi listrik dalam rumah maupun gedung perkantoran.

    Ada beberapa langkah untuk pengajuan SLO PLN bagi Anda yang berkeinginan memasang instalasi listrik di rumah maupun di gedung baru. Pertama mengisi formulir pendaftaran disertai dengan pengajuan pemeriksaan instalasi listrik dengan melampirkan gambar atau dokumen instalasi listrik yang telah dihasilkan oleh instalatir (BUJK) kepada institusi yang akan menginspeksi listrik dalam rumah Anda. Kemudian Anda juga harus membayar tarif pemeriksaan instalasi listrik layak dengan tarif yang berlaku pada lembaga hal yang demikian. Institusi pemeriksaan tersebut kemudian akan mengirimkan petugas untuk memeriksa dan mencatat laporan instalasi listrik dalam rumah Anda.

    Kalau instalasi listrik dalam rumah Anda sukses diverifikasi, karenanya lembaga akan mengeluarkan

    SLO PLN . Tetapi, jikalau masih belum lolos, maka akan ada beberapa koreksi layak dengan standar instalasi yang sesuai untuk pengeluaran SLO lembaga terkait. Setelah ada pembetulan, maka institusi akan menjalankan pemeriksaan kembali sampai instalasi listrik Anda cocok dengan standar aman yang sudah ditentukan oleh lembaga.